Bahan Mentah Untuk Bangunan

Bahan mentah untuk bangunan – Dalam membuat konstruksi bangunan, tentunya dibutuhkan beberapa bahan material yang sering digunakan, mulai dari bebatuan, pasir, dan sebagainya.

Tentunya, bahan-bahan tersebut merupakan salah satu dari bahan mentak untuk bangunan yang tentunya harus melalui proses terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Namun yang menarik adalah bahan-bahan ini menjadi sangat penting dan harus digunakan sebab jika tidak digunakan, maka ada beberapa hal yang tidak efektif dan efisien.

Akibatnya bangunan akan cepat rusak hingga bisa terjadi runtuh/roboh. Di pembahasan kali ini, kami akan berikan beberapa contoh dari 10 bahan mentah untuk bangunan yang harus Anda ketahui. Jadi, simak pembahasannya hingga selesai!

9 Bahan Mentah Untuk Bangunan yang Harus Anda Tahu!

1. Particle Board/Serpihan/Serbuk Kayu yang Di Press

bahan mentah material untuk bangunan - padatan serbuk kayu atau particle board
Gambar bahan mentah material untuk bangunan – padatan serbuk kayu atau particle board

Anda tahu particle board? Ini merupakan salah satu papan yang memiliki rongga-rongga di tengahnya. Particle board ini sering dijadikan sebagai bahan material untuk pembuatan kitchen set, lemari baju, atau laci. Bahan mentah dari particle board ini merupakan padatan serbuk/serpihan kayu yang di press dengan mesin berkekuatan tinggi, sehingga menjadikannya padat dan jadi berbentuk particle board.

2. Besi Hollow

bahan mentah untuk bangunan - besi hollow
Gambar bahan mentah untuk bangunan – besi hollow

Lempengan besi-besi yang digabung menjadi satu merupakan salah satu bahan mentah yang hasilnya merupakan besi hollow. Besi hollow ini sering kita lihat pada bangunan yang di fungsikan sebagai pembuatan pagar rumah, kanopi, teralis, dan sebagainya.

3. Pasir

bahan mentah material untuk bangunan - pasir
Gambar bahan mentah material untuk bangunan – pasir

Pasir merupakan salah satu bahan mentah untuk material bangunan yang sering di ambil melalui daerah pegunungan yang datarannya merupakan salah satu gunung vulkanik yang aktif. Selain itu, pasir juga memiliki berbagai jenis sesuai dengan kebutuhannya, sehingga bahan ini merupakan salah satu material yang harus ada agar bangunan bisa dengan kokoh berdiri.

4. Gypsum

bahan mentah untuk bangunan - gypsum
Gambar bahan mentah untuk bangunan – gypsum

Pecahan-pecahan dari kristal atau bebatuan kapur yang di bentuk dengan mesin membuat gypsum menjadi pilihan yang bagus. Gypsum ini biasanya digunakan pada elemen dekoratif, seperti pembuatan plafon, partisi wall, atau sebagai elemen dekoratif lainnya.

5. Tanah Liat

bahan mentah untuk bangunan - tanah liat
Gambar bahan mentah untuk bangunan – tanah liat

Selain itu, ada juga tanah liat yang merupakan salah satu bahan mentah untuk bangunan, di mana sering kali dibuat untuk genteng, batu bata, ataupun lainnya. Harganya pun lumayan terjangkau, sehingga bisa digunakan dengan volume yang lebih banyak.

6. Kayu

bahan mentah untuk bangunan - kayu
Gambar bahan mentah untuk bangunan – kayu

Bahan mentah selanjutnya yaitu kayu. Kayu merupakan salah satu bahan mentah yang digunakan sebagai bahan material untuk bangunan, mulai dari pembuatan kanopi, kaso, pintu, jendela, rangka plafon, dan sebagainya bisa menggunakan kayu ini. Namun, kayu memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan kualitasnya, sehingga Anda harus mencari jenis kayu yang kuat dan anti rayap.

7. Kapur

bahan mentah untuk bangunan - kapur
Gambar bahan mentah untuk bangunan – kapur

Kapur merupakan salah satu bahan mentah untuk bangunan yang di mana di olah menjadi semen. Semen ini befungsi sebagai perekat dalam pembuatan bangunan yang di mana di campur dengan air dan pasir. Sehingga, bangunan tersebut lebih adem dan tidak mudah rusak.

8. Hebel/Batako Ringan

bahan mentah untuk bangunan - batako ringan atau hebel
Gambar bahan mentah untuk bangunan – batako ringan atau hebel

Batako ringan atau hebel merupakan salah satu bahan mentah yang sering digunakan untuk membuat batako menjadi lebih ringan. Tentunya bahan material ini sering digunakan pada bangunan-bangunan rumah yang di mana harus memberikan kekuatan yang sangat tinggi.

9. Bambu

bahan mentah untuk bangunan - bambu
Gambar bahan mentah untuk bangunan – bambu

Dan terakhir ada bahan mentah yaitu bambu. Bambu merupakan salah satu batang dari tanaman bambu yang di mana sering ditemui pada kebun-kebun. Bambu ini bisa dibuat sebagai bahan material untuk bangunan, misalnya sebagai pembuatan steger, pagar rumah yang sederhana, saung kecil, dan sebagainya.

Bahan Mana yang Sering Anda Gunakan Untuk Bangunan Rumah?

Tentunya, bahan mentah untuk bangunan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, Anda harus memilih bahan material yang pas dan sesuai dengan kebutuhan.

Bahan material seperti kayu contohnya, bisa memberikan tampilan fasad rumah scandinavian atau fasad rumah klasik modern. Sehingga, bahan material kayu bisa menjadi manfaat yang sangat bagus dengan hasil yang memukau.

Dapatkan informasi menarik mengenai tips & trik, desain interior & eskterior, serta pembahasan informatif melalui media sosial kami di Instagram dan TikTok.

Jadi, bahan mentah mana yang sering Anda gunakan untuk bangunan rumah impianmu?

Tinggalkan komentar